Petani Sawit Deklarasi Pemenangan Prabowo-Gibran di Kalbar, Ini Harapannya

  • Bagikan
Pengurus Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) wilayah Kalimantan Barat

KABAR SINTANG РPengurus Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit Indonesia (APPKSI) wilayah Kalimantan Barat dalam perhelatan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2024 -2029 menyampaikan seruan kepada seluruh para petani sawit se Kalimantan Barat untuk memilih pasangan Prabowo РGibran di pilpres 2024 nanti pada tanggal 14 Februari.

Seruan dukungan kepada anggota APPKSI di Kalbar ini juga mendesak pada Prabowo Subianto jika terpilih sebagai Presiden agar menjalankan program program yang lebih berpihak pada stake holder industri sawit terutama pada kaum petani sawit yang selama ini banyak berkontribusi dalam Industri perkebunan Kelapa sawit.

Salah satu pengurus APPKSI Kalbar,, Suswanto mengatakan selama ini ada beberapa faktor penyebab keragu-raguan Pemerintah dalam mengakui hak atas tanah bagi para petani sawit mandiri dan plasma.

“Selama ini pemerintah sering mengabaikan hak-hak petani sawit atas hak tanah yang mengakibatkan lahirnya konflik agraria, akibatnya timbul ketidakpastian hukum yang menghambat akses petani terhadap sumber daya dan pendanaan,” katanya.

Ia juga menyinggung jika pemerintah tak melibatkan APPKSI dalam tata politik dan perumusan kebijakan tata kelola industri sawit karena selama ini hanya perusahaan agribisnis besar saja yang mempunyai pengaruh yang lebih signifikan dalam tata politik dan perumusan kebijakan tersebut sehingga menciptakan situasi yang tidak menguntungkan bagi petani plasma sawit.

  • Bagikan